Waspada Virus Corona di kantor, bagaimana cara mengatasinya ?

Wabah penyakit virus corona di tahun 2019-2020 atau disebut dengan COVID-19, sedang melanda berbagai belahan dunia. Virus yang berasal dari keluarga koronavirus dan merupakan jenis baru ini pertamakali ditemukan di kota Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019. Kemunculan virus ini diduga berhubungan dengan pasar grosir makanan laut di Huanan. Untuk lebih jelasnya terkait dengan wabah ini, kalian bisa baca disini.

Nah, kali ini kami akan membahas, bagaimana perusahaan menghadapi wabah virus ini, yang pastinya berdampak pada karyawan. Dan kebetulan lewat applikasi chat, momon mendapat jawaban dari ibu CEO kami, Ibu Santi Djiwandono tentang bagaimana sebaiknya menghadapi wabah ini, terutama di kantorĀ  , dan momon akan mencoba menjabarkan jawaban beliau tersebut.

1. Mengumpulkan semua fakta & informasi

Mengumpulkan informasi tentang seberapa bahaya dan seberapa cepat penyebaran virus ini adalah sangat tepat, supaya kita tahu sudah sejauh apa virus ini menyebar. Penting juga untuk mengidentifikasi dimana titik-titik daerah yang sudah terjangkit virus tersebut. Selain itu juga untuk mendapatkan informasi terbaru tentang virus tersebut, apakah sudah ada penanganan atau belum. Jadi jangan terlalu panik atau parno duluan ya. šŸ™‚

2. Berbagi informasi dan solusi.

Penting untuk memberikan informasi kepada sesama teman atau karyawan, atau juga jika kalianĀ  manager perusahaan , bisa memberikan informasi secara resmi tentang sikap perusahaan mengantisipasinya. Selain itu juga memberikan informasi kepada teman atau karyawan kemanakah bisa mendapatkan informasi tentang virus tersebut, atau kepada siapa bisa menghubungi terkait hal itu. Hal ini akan sangat membantu jika hal terburuk terjadi, sehingga teman / karyawan bisa tahu kemana mereka harus pergi untuk mendapatkan penanangan. Ada baiknya juga jika informasi diberikan dengan cara yang friendly supaya membuat tenang situasi.

image source : https://unsplash.com/photos/NhhhRZQxnFY

3. Cek kesehatanĀ 

Selain memonitor perkembangan terkait virus tersebut, perlu juga untuk cek kesehatan. Jika ada indikasi gejala seperti wabah, bisa segera ditangani oleh pihak profesional dan tidak menyebar kepada yang lain.

4. Menyediakan barang yang diperlukan.Ā 

Mencegah lebih baik daripada mengobati, itulah istilah yang sering kita dengar. Begitu juga dengan kita, ada baiknya menyiapkan bahan atau barang yang diperlukan untuk mencegah hal tersebut, mungkin masker, makan makanan sehat, kebersihan ruangan, dan lain-lain.

Ini lah hal-hal yang bisa momon sampaikan pada kalian dalam menghadapi wabah ini. Tetap semangat dan tetap tenang dalam menghadapi, momon yakin pasti akan ada solusi dan selalu ada kabar baik tentang penanganan wabah ini.

Salam Komunikasi !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *