Tips Menjadi Komunikator Handal Bagi Para Introvert

Komunikasi Tidak Hanya Soal Bicara

Apakah seseorang bisa dikatakan sebagai komunikator handal kalau dia sudah menjadi seorang public speaker? Jawabannya: tidak. Semua orang bisa jadi komunikator handal, bahkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak melulu soal tampil di depan umum. 

Realitanya, banyak orang – terutama yang merasa introvert dan rendah diri – merasa bahwa untuk menjadi komunikator yang baik, harus mampu berbicara dengan baik di depan umum, melakukan pidato yang memukau atau presentasi yang ciamik! Sehingga, semua orang kemudian berlomba-lomba untuk bisa bicara. Jika semua orang bicara, lantas siapa yang mendengarkan?

Perlu diingat, lho, bahwa sebenarnya keterampilan komunikasi itu tidak hanya dilihat dari keterampilan bicaranya saja. Untuk jadi seorang komunikator handal, ada keterampilan komunikasi lain yang harus kamu terapkan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjadi seorang komunikator handal dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Saat kamu berbicara, sampaikan pesanmu dengan singkat, padat, dan jelas. Introvert biasanya cenderung irit bicara, malah bagus kan?
  2. Introvert biasanya tidak mudah memotong pembicaraan dan sabar mendengarkan. Asah terus skill ini, sehingga orang lebih nyaman berada di dekatmu, karena selalu didengarkan.
  3. Gunakan bahasa tubuh yang mendukung dengan apa yang kamu sampaikan ketika kamu berbicara. Usahakan untuk menggunakan bahasa tubuh yang terkesan positif.
  4. Saat kamu menulis, pastikan tulisanmu tidak ambigu ataupun menyakiti pihak lain. 

Tujuan komunikasi yang baik adalah untuk membangun trust dan menjaga relasi dengan orang lain. Komunikasi yang baik harus dilandasi dengan tujuan dan cara penyampaian yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *