How To Bring Your “Enemy” Closer

Belajar Dari Kasus Doxing Artis

Jadi artis atau selebgram memang asyik, di mana kita bisa punya banyak followers di media sosial. Tapi, seperti kata peribahasa ‘di mana ada cahaya, di situ ada bayangan’, selain punya banyak followers, tapi ada juga orang-orang tertentu yang mungkin benci dan iri pada kepopuleran seorang artis, yang akhirnya menjadi haters

Kasus Rachel Vennya jadi sorotan publik belakangan ini karena membuat sayembara untuk membuat para haters di media sosialnya jera dengan cara memberikan imbalan sebanyak 15 juta Rupiah pada orang-orang yang berhasil mengumpulkan dan menyebarkan informasi pribadi para haters-nya. Sayangnya, hal ini tidak dinilai bijak oleh masyarakat.

Teknologi saat ini terus berkembang. Pelacakan digital pun lebih mudah untuk dilakukan. Sayangnya, pelacakan digital yang tidak beretika akan menjadikannya doxing dan merugikan pihak tertentu. Hakikatnya, penggunaan teknologi yang baik juga harus didasari dengan etika dan tata krama yang baik. 

Nah, kita semua bisa lho punya kesempatan untuk jadi artis atau selebgram. Tapi, jangan lupa bahwa kita juga bisa punya haters, lho. Berikut tips yang bisa kamu pelajari untuk merespon haters di media sosialmu tanpa harus mengorbankan reputasi dan image mu di mata masyarakat.

  1. Respon mereka dengan cara yang elegan namun tetap tegas supaya mereka tetap belajar bahwa mereka melakukan hal yang tidak benar.
  2. Jangan gunakan kata-kata kasar atau ancaman dalam merespon haters karena hal ini mempertaruhkan imej dan reputasi kita.
  3. Berikan respon yang ramah untuk membuat mereka merasa ‘dirangkul’, bukan malah menyulut emosi mereka.
  4. Jika kamu merasa terganggu dan malas untuk merespon, kamu bisa mematikan fitur kolom komentarmu di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *