Tips membangun Personal Branding di Instagram

(ala Momon SDJINC) 

Siapa yang tidak memiliki akun media sosial dalam masa sekarang ini ? Media sosial sudah seperti sebuah kebutuhan pokok dalam berkomunikasi bagi millenial sekarang. Bahkan mungkin bisa tidak bisa hidup tanpa sosial media, atau lebih populernya dibilang mati gaya.

Dan seperti yang kita rasakan sekarang, semakin banyak media sosial yang semakin populer, dan Instagaram adalah salah satunya. 

Setiap kalian di sini pasti punya akun instagram kan ? Dan pastinya teman-teman kita kebanyakan juga punya instagram kan ? Jadi bisa dibilang banyak juga pengguna instagaram ini, bila memakai perbandingan mungkin 9 dari 10 orang orang teman kita pasti punya akun instagram.

Nah, jika banyak penggunannya, apakah instagram bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan untuk kita pribadi ? Pastinya bisa!

Personal Branding ? Nggak mungkin deh, mau jual Apaan ?. Lihat aja followers Instagram ku, cuma berapa puluh orang tuh. Cantik ? Ganteng ? Enggak juga, biasa banget malah. Gak ada ide nih buat konten, mana bisa menarik ?

Itulah pikiran yang sering muncul diawal kita ditantang untuk membranding diri kita. Lebih banyak berpikiran ke negatif nya daripada positifnya. Percaya deh, setiap dari diri kita pasti bisa membranding diri kita sendiri. Nggak percaya ? Coba saja tanya ke teman-teman kita, bisa nggak menilai diri kita dari penampilan atau sikap selama ini. Pastinya mereka akan bisa menilai itu juga. Nah, itulah hal mendasar buat kita bisa membranding diri kita, bisa dinilai orang lewat sikap atau penampilan kita ke mereka. Setiap orang pasti punya penilaian berbeda dalam melihat sesuatu, mungkin ada yang pro, ada juga yang kontra, tapi itu kembali ke selera masing-masing.

Nah dari sini, apakah sudah bisa sedikit membuka diri dan niat untuk memulai membranding diri kita ? Kalau iya, yuk mulai simak beberapa tips yang bisa momon berikan kepada teman-teman sekalian nih.

Branding diri kamu sendiri

Ini penting buat kamu memperkenalkan diri kalian sendiri di depan khalayak ramai / customer yang akan menikmati konten-konten kalian nanti. Penting juga untuk tahu  bidang apa yang kalian paling kuasai. Mungkin itu make up, gaming, olahraga, atau yang lain. Itu bisa mempermudah kalian dalam dikenal oleh orang lain di  media sosial, terutama Instagram kalian.
Jika kalian masih bingung, bisa lihat bahasan kami tentang Personal Branding.

Buat feed Instagram yang menarik

Pertamakali yang akan dilihat pada instagram kalian pastinya adalah feed atau postingan. Jika diibaratkan toko, feed adalah etalase untuk menarik pelanggan yang akan berbelanja di toko mu. Jadi, coba deh buat feed kalian lebih menarik mulai sekarang, kalau bingung, kalian bisa mulai cari tahu lewat influencer senior untuk masalah tampilan.

Follow akun yang serupa dengan bidangmu

Untuk mencari pelanggan/followers untuk konten yang kamu sediakan, perlu juga melihat ke akun sebelah yang lebih besar dari milik kalian. Lalu mulai komentar di postingan yang menarik untuk membuat followers lain melihat akun kamu juga. Nah biasanya dari situ mulai datang followers. Dan lebih bagus lagi jika kalian bisa berinteraksi dengan mereka, itu bisa menjadi nilai plus lho.

Belajar fotografi

Apa yang dilihat di instagram kalau bukan sebuah foto atau gambar. Jadi pastikan kalian memiliki sedikit skill foto atau mengetahui bagaimana dasar-dasar fotografi untuk membuat foto yang bagus. Kalau kalian punya hasil foto orang lain, pastikan juga memilih foto yang bagus juga untuk di posting sehingga orang lain tertarik untuk melihat nya. 

Pastikan Instagram tidak di private 

Sudah buat konten bagus, foto mantap, tetapi followers nggak nambah karena lupa menonaktifkan private pada settingan. Walaaahh, rugi di waktu dong bro/sist. Ini memang sebuah hal kecil, tetapi juga penting lho.

Okay deh, mungkin baru sekian ini yang bisa momon berikan pada kalian yang tertarik dengan dunia sosial media dan mau menghasilkan sesuatu dari sana. Jangan pernah minder atau rendah diri, terus berusaha dan berdoa, pasti bisa tercapai.

Salam Komunikasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *