December 8, 2019

Mengapa Hoax Marak?

Informasi menyebar semakin cepat di jaman teknologi komunikasi zaman ini. Sementara, kecakapan komunikasi penggunanya masih “terbelakang”. Kecakapan untuk mencermati isi informasi/berita/kabar, memahami konteks/latar belakangnya, mengidentifikasi pemicu beredarnya informasi tertentu, memahami persepsi diri sendiri dalam mencerna isi informasi, dan sebagainya.

Akibatnya, informasi semakin rentan terdistorsi dari makna sesungguhnya. Apalagi di kondisi masyarakat yang mudah terpicu kekerasan, main hakim sendiri, dan saling curiga antar mereka sendiri. Ujungnya bisa kita perkirakan, adu fisik, lontaran kata-kata sampah dan ketidaknyamanan hidup bersama dalam damai, serta hoax tumbuh dengan suburnya.

 

Ketika menerima informasi, biasakan dicerna dulu perlahan, lakukan cek dan ricek ke sumber lain, identifikasi kalimat-kalimat ajakan untuk menyebarkan, atau kata-kata seperti “Informasi penting!!!” dan kata-kata negatif dan provokatif misalnya : kita tidak terima, jangan diam saja, kita harus bergerak, dan yang sejenis itu.

Kemajuan teknologi tak akan terbendung, kita lah yang harus cerdik menyiasatinya agar tidak diperbudak olehnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *